Senin, 09 September 2013

TANAMAN



Bercocok Tanaman Cokelat
Oleh : Ir Pracaya

Asal-Usul  Tanaman Cokelat

               Coklat yang nama ilmiahnya Theobroma  Cacao bukanlah tanaman asli dari Indonesia melainkan dari Amerika Tengah. Columbus yang datang ke tempat itu melihat coklat digunakan sebagai minuman oleh orang India. Cortes mengalahkan bangsa Astec pada tahun 1619 melihat orang Indiab membuat minuman dari biji coklat.
          Orang Spanyol belum menyukai minuman itu karena rasanya pahit. Oleh Cortc biji coklat tersebut dibawa ke Spanyol yang akhirnya bubuk coklat tersebut disedu dengan air panas dan gula sangatlah menjadi popular. Tetapi minuman itu hanya dikonsumsi oleh bangsawan dan hartawan saja karena harganya yang sangat mahal.
          Kemajuan pesat penggunaan coklat baru terjadi pada tahun 1928 dan harga coklat baru turun setelah tahun 1930. Di perkirakan pada abad ke-18 tanaman coklat masuk di Indonesia lewat Filipina yang dibawa oleh orang Spanyol, yang bijinya berasal dari Venezuela dan Trinidad. Jenis –jenis tanaman coklat dibagi menjadi 2 yaitu Criolo dan Forastero, Criolo merupakan tipe tanaman coklat yang bermutu tinggi sedangkan Forastero bermutu rendah.".."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar